Thursday, May 3, 2012

Gejala Diabetes | Pahami Gejala Gejala Diabetes

Gejala Diabetes | Pahami Gejala Gejala Diabetes Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendeteksi Diabetes!


Gejala Diabetes


Penyakit diabetes melitus ini pada awalnya seringkali tidak dirasakan dan tidak disadari oleh penderita diabetes melitus.  Beberapa keluhan dan gejala diabetes perlu mendapat perhatian, Anda dapat tahu dari beberapa gejala diabetes adalah sebagai berikut:

Gejala Diabetes Berat Badan Turun Dan Tubuh Lemah


[caption id="attachment_146" align="aligncenter" width="119" caption="gejala diabetes berat badan"][/caption]

Penurunan berat badan berlangsung singkat hal ini harus dicurigai karena merupakan gejala diabetes melitus yang sukar diketahui karena tidak berlangsung dalam satu hari. Hal ini bisa terjadi karena glukosa dalam darah tidak bisa masuk ke dalam sel-sel tubuh, sehingga sel kekurangan asupan untuk menghasilkan tenaga. Untuk kelangsungan hidup, sumber tenaga terpaksa diambil dari cadangan lain yaitu sel lemak dan otot. Akibatnya penderita diabetes melitus kehilangan jaringan lemak dan otot sehingga menjadi kurus.

Gejala Diabetes Banyak Kencing


[caption id="attachment_147" align="aligncenter" width="194" caption="gejala diabetes buang air kecil"][/caption]

Kadar glukosa darah yang tinggi akan menyebabkan banyak buang air kecil. Buang air kecil yang sering dalam jumlah banyak akan sangat mengganggu penderita, terutama pada waktu malam hari. Gejala diabetes melitus ini lebih mudah diketahui karena secara tidak langsung mengganggu aktivitas harian kita.

Gejala Diabetes Rasa Haus


[caption id="attachment_151" align="aligncenter" width="116" caption="gejala diabetes haus"][/caption]

Amat sering dialami oleh penderita karena banyaknya cairan yang keluar melalui kencing. Keadaan ini justru sering disalahtafsirkan. Dikiranya sebab rasa haus ialah udara yang panas atau beban kerja yang berat. Untuk menghilangkan rasa haus itu penderita minum banyak. Gejala diabetes melitus ketiga ini tidak terlalu membawa efek samping dalam jangka lama karena minum air yang banyak juga bagus untuk metabolisme tubuh.

Gejala Diabetes Banyak Makan


[caption id="attachment_145" align="aligncenter" width="194" caption="gejala diabetes banyak makan"][/caption]

Kalori dari makanan yang dimakan, setelah dimetabolisasikan menjadi glukosa dalam darah tidak seluruhnya dapat dimanfaatkan, penderita selalu merasa lapar. Gejala diabetes melitus keempat ini dapat mengakibatkan obesitas.

Gejala Diabetes Gangguan Saraf Tepi/ Kesemutan


[caption id="attachment_153" align="aligncenter" width="113" caption="gejala diabetes kesemutan"][/caption]

Penderita diabetes melitus mengeluh rasa sakit atau kesemutan terutama pada kaki di waktu malam, sehingga mengganggu tidur, atau pada pagi hari saat baru bangun penderita diabetes melitus akan merasa kesemutan.

Gejala Diabetes Gangguan Penglihatan


[caption id="attachment_148" align="aligncenter" width="114" caption="gejala diabetes buta"][/caption]

Pada fase awal penyakit diabetes melitus sering dijumpai gangguan penglihatan yang mendorong penderita untuk mengganti kacamatanya berulang kali agar ia tetap dapat melihat dengan baik. Bila ditemukan gejala diabetes seperti ini ada baiknya untuk memeriksa juga ke dokter mata untuk mencegah terjadi nya glukoma serta konsultasi kepada Dokter spesialis diabetes melitus untuk langkah preventif.

Gejala Diabetes Gatal/Bisul


[caption id="attachment_150" align="aligncenter" width="184" caption="gejala diabetes gatal dan bisul"][/caption]

Kelainan kulit berupa gatal, biasanya terjadi di daerah kemaluan atau daerah lipatan kulit seperti ketiak dan di bawah payudara. Seringpula dikeluhkan timbulnya bisul dan luka yang lama sembuhya. Luka ini dapat timbul akibat hal yang sepele seperti luka lecet karena sepatu atau tertusuk peniti. Gejala diabetes melitus ini dapat mengakibatkan komplikasi luka pada kulit yang sulit sembuh.

Gejala Diabetes Gangguan Ereksi


[caption id="attachment_149" align="aligncenter" width="204" caption="gejala diabetes gangguan ereksi"][/caption]

Gangguan ereksi ini sering ditutupi karena sering tidak secara terus terang dikemukakan penderitanya biasa karena minder. Hal ini terkait dengan budaya masyarakat yang masih merasa malu membicarakan masalah seks, apalagi menyangkut kemampuan atau kejantanan seseorang. Gejala diabetes melitus ini sering diatasi dengan mencari cara minum suplemen untuk meningkatkan ereksi, hal ini tidak direkomendasikan karena permasalahan sebenarnya adalah rusaknya sel-sel pankreas yang tidak dapat mengatur gula dengan baik untuk tubuh.

Gejala Diabetes Keputihan


[caption id="attachment_152" align="aligncenter" width="188" caption="gejala diabetes keputihan"][/caption]

Pada wanita, keputihan dan gatal merupakan keluhan yang sering ditemukan dan kadang-kadang merupakan satu-satunya gejala diabetes yang dirasakan.

Gejala Gejala Diabetes


Apabila ditemukan gejala diabetes seperti di atas, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi. Diagnosis diabetes melitus hanya bisa ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan glukosa darah. Pemeriksaan dengan air seni sering kurang dapat dipercaya karena beberapa keadaan dapat menyebabkan negative maupun positif palsu.

Informasi terkini tentang penyakit diabetes dapat anda temukan melalui artikel selanjutnya silahkan klik Penyakit Diabetes

No comments:

Post a Comment